Wisata Belanda – Dunia pariwisata yang ramah akan muslim kini sudah semakin berkembang, yang menurut data pariwisata halal telah menyumbang 11 persen dari industri pariwisata global. Menurut perhitungan, di dalam sektor wisata halal telah memperoleh sebesar 200 juta euro atau jika di rupiahkan hampir Rp 4.7 triliun di tahun 2018, diperkirakan akan makin bertambah sampai tahun 2020.

Seperti yang pernah dilaporkan olej Gulf, Belanda merupakan salah satu negara Eropa yang telah mendeklarasikan diri bahwa mereka ramah terhadap wisatawan muslim, terlebih lagi di tahun 2018 lalu Belanda menjadi tuan rumah Halal Expo Eropa 2018. Buat kamu yang ingin mengetahui seberapa mudah dan nyamannya traveller muslim melakukan perjalanan Wisata Halal Belanda ? apakah traveller muslim memiliki banyak pilihan atau banyak yang harus dipenuhi untuk para traveller khususnya muslim. Berikut ini daftar 4 kota wisata halal Belanda yang bisa kamu datangi dan berkeliling menikmati indahnya dari kota-kota ini.

1. Den Haag

Liburan Ke 4 Kota Wisata Halal di Belanda

netherlands-tourism.com

Kota yang terletak di dekat dengan garis pantai di laut utara ini, merupakan kota pemerintahan, Kota ini memiliki banyak monumen dan atraksi, termasuk Binnenhof, dan the Peace Palace.

Buat kamu yang ingin wisata muslim Belanda dan mencoba wisata kuliner belanda yang halal, kota ini kebetulan banyak menawarkan restoran yang memiliki cap Halal. Seperti Restoran Baladi Manouche (Torenstraat95, +31 70 444 3877), Warung Mini (Amsterdamse Veerkade 57 / A, +31 70 365 4628) yang menyajikan masakan Indonesia yang lezat, dan A Taste of Persia (Piet Heinstraat 8, +31 70 363 6459).

Disini tidak terlalu banyak hotel yang melayani wisatwan Muslim, dan hanya satu pilihanya yaitu The Student Hotel The Hague, Kota Den Haag juga memiliki tiga masjid utama, yakni Masjid Mobarak dikenal sebagai masjid pertama yang dibangun khusus Belanda, Mescidi-Aksa Mosque, dan As-Soennah Mosque.

2. Utrecht

Liburan Ke 4 Kota Wisata Halal di Belanda

earthtrekkers.com

Utrecht kota ini merupakan kota kuna, yang di abad pertengahan awal juga dikenal karena kanal, istana, dan gereja yang sangat indah. The Rietveld Schrderhuis, salah satu situs warisan Unesco, yang di anggap sebagai salah satu ikon terkenal dari gerakan modern dalam dunia arsitektur.

Di kota kuno ini sayangnya tidak memiliki banyak pilihan restoran halal, akan tetapi wisatawan muslim bisa mampir ke Mediterania Restauran Saffraan (Oudegracht aan de Werf 146/148, +31 30 231 0114) dan Helal Burgers & Shoarma (Kanaalstraat 56, +31 30 296 3767) untuk beberapa makanan cepat saji.

Sedangkan untuk penginapan seperti hotel, kamu bisa mencoba menginap di hotel Van der Val Hotel Houten Utrecht yang memiliki berbagai fasilitas untuk wisatawan Muslim, kota ini juga memiliki beberapa masjid seperti, Anwar-E-Qoeba, Es Salaam, dan Masjid Sayyidina Ibrahim.

3. Rotterdam

Liburan Ke 4 Kota Wisata Halal di Belanda

rotterdam.info

Rotterdam, yang merupakan kota terbesar di Belanda tersebut memberikan penawaran kepada para Traveller berupa arsitektur bersejarah dan modern, dan juga pemandangan yang mengesankan, kamu bisa mengunjungi menara Observasi Euromast yang memang dikhususkan untuk di kunjungi oleh para Traveller.

Untuk wisata kuliner halal kamu bisa menemukan restoran dengan makanan halal dengan mudah seperti Bazar (Witte de Withstraat 16, +31 10 206 5151) yang menghidangkan menu makanna khas Maroko, selain itu ada Zainab Roshni Mahal (Nieuwe Binnenweg 317, +31 10 477 1244) yang menawarkan menu makanan khas India, Grillig Sandwiches (Nieuwe Binnenweg 188D, +31 10 254 1002) restoran kali ini memiliki menu andalannya sandwich yang mendapatkan gelar sebagai terenak di kota Rotterdam.

Untuk hotel kamu bisa mencoba Bastion Hotel Rotterdam Alexander, Best Western Plus Rotterdam Airport Hotel, dan Bilderberg Parkhotel Rotterdam. Rotterdam juga memiliki masjid tidak sebanyak di kota Amsterdam. akan tetapi kota ini memiliki masjid terbesar kedua di Belanda.

4. Amsterdam

Liburan Ke 4 Kota Wisata Halal di Belanda

iamexpat.nl

Amsterdam yang merupakan ibu kota dari Belanda ini, dikenal dengan beberapa penawaran hedonistik yang memberikan pengalaman membosankan menurut pelancong Muslim Modern.

Islam merupakan salah satu agama terbesar kedua di kota Amsterdam, sudah tidak perlu diragukan kembali dengan banyak pilihan yang bisa melayani segmen wisata muslim Belanda.

Soal Kuliner Halal Belanda di kota Amsterdam memiliki kurang lebih 60 restoran yang memiliki status restoran halal, terdapat juga restoran halal yang populer seperi restoran Maroko yang menawarkan Arab Loung (berlokasi di Prins Hendrikkade 194, +31 20 627 9657), Addis Ababa (berlokasi di Overtoom 337, +31 20 618 4472), yang mengkhususkan diri dalam masakan Etiopia, dan Ali Ocakbasi (berlokasi di Herengracht 558, +31 20 233 4588) untuk Turki. Untuk pizza, Bella Riva (berlokasi di Rapenburgerplein 3, +31 20 4207710) bisa menjadi pilihan.

Akan tetapi jarang menemukan hotel yang halal 100% di kota Amsterdam. tidak sedikit juga hotel yang melayani wisatawan Muslim seperti Hotel Larende, Hotelboot Zwaan, dan Grand Hotel Downtown, dan terlebih lagi mereka menyiapkan sarapan pagi halal.

Amsterdam juga merupakan kota yang memiliki banyak masjid, Westermoskee Aya Sofya (negara terbesar), Masjid Al Karam, Masjid Al Hijra, Masjid Al Ummah, dan Masjid El Tauhid.

HOTEL MURAH DAN POPULER DI AMSTERDAM