Wisata Kuliner Minangkabau – Pulau Sumatera memiliki berabgai macam wisata kuliner yang bermacam-macam, tetapi di artikel kali ini, akan kita bahas tentang 10 Makanan Khas Minangkabau yang dapat menggoyangkan lidah kamu ketika mencicipinya, Mungkin bagi sebagian orang tidak begitu mengenal berbagai macam hidangan khas Minangkabau.

Rendang salah satu hidangan yang kita kenal sebagai makanan khas Minangkabau, akan tetapi selain itu, Minangkabau memiliki berbagai macam hidangan, maka dari itu di artikel ini, Reservasiku akan memberikan 10 Makanan Khas Minangkabau Yang Menggoyang Lidah, yuk kita simak bersama di bawah ini.

1. Sate Padang

10 Makanan Khas Minangkabau Yang Menggoyang Lidah

rumahmesin.com

Bagi kamu yang cinta dengan hidangan masakan ala Padang, hidangan ini pasti sudah kamu ketahui, dapat kita temui dimana saja, sudah hampir seluruh Indonesia ada yang menjual hidangan ini, yaitu Sate Padang.

Sate padang memang berbeda dari pada sate umumnya dengan bumbu khasnya menggunakan bumbu kuah kaldu, dengan berbagai macam rempah, sehingga menjadikan tekstur bumbu kental dan berwarna coklat cerah, selain itu rasa bumbu sate ini akan membuat kamu ketagihan.

2. Dendeng Balado

10 Makanan Khas Minangkabau Yang Menggoyang Lidah

selerasa.com

Kamu tidak akan bisa menolak kelezatan hidangan ini, dengan tekstur yang renyah dan rasa yang gurih di tambah agak pedas, Dendeng Balado akan mengoyang lidahmu sampai kenyang, Daging dendeng ini diolah dengan bumbu balado dengan berbagai bumbu dan rempah pilihan seperti bawang merah, cabai merah dan lainnya.

Bumbu Cabai dan bawang merah di masak dengan cara ditumis hingga harum dan ditambahkan garam secukupnya, kemudian di siram di daging dendeng yang menggunakan daging sapi di iris dengan cara tipis dan lebar serta kering karena sudah dijemur.

3. Palai Rinuak

10 Makanan Khas Minangkabau Yang Menggoyang Lidah

travel.detik.com

Jangan lewatkan hidangan ini, dengan rasa yang lezat ketika kamu datang ke daerah minangkabau, Hidangan ini berbahan dasar dari ikan rinuak, yang penasaran seperti apa itu ikan rinuak, ikan ini lebih tepatnya seperti ikan teri dan memang banyak sekali bisa di dapatkan di Danau Maninjau.

Hidangan Palai Rinuak diolah dengan cara dicampur beserta rempah-rempah pilihan dan juga ditambahkan parutan kelapa yang kemudian di bungkus dengan daun pisang. Setelah itu dikukus hingga matang, karena bahan dasarnya seperti ikan teri seringkali di ganti dengan ikan teri juga.

4. Sala Lauak

10 Makanan Khas Minangkabau Yang Menggoyang Lidah

cookpad.com

Makanan khas minangkabau ini sangat enak dan renyah, bentuknya seperti bakso, yang disajikan dengan cara digoreng dengan bahan dasar daging ikan yang telah dihaluskan kemudian dicampur denagn adonan tepung yang setelah itu di goreng kering.

Dengan rasa yang renyah hidangan kuliner ini tetap lembut ditengahnya, ketika kamu mengigitnya akan terasa daging ikan segar di tambah dengan sambal akan membuat kamu ketagihan.

5. Bubur Kampiun

10 Makanan Khas Minangkabau Yang Menggoyang Lidah

food.detik.com

Bagi kamu pecinta makanan bubur, bubur satu ini menjadi pilihan tepat untuk kamu cicipi, Bubur Kampiun adalah makanan khas Bukittinggi yang terbuat dari ketan putih dan bubur sumsum, bubur ketan hitam, bubur kacang hijau, bubur candil dan kolak pisang atau juga ubi, semua bahan tersebut di kukus dan disajikan menjadi satu, coba kalian bayangkan seperti apa rasanya.

6. Gulai Itiak

10 Makanan Khas Minangkabau Yang Menggoyang Lidah

masakankhas.com

Mungkin kamu sudah pernah mencicipi gulai dalam bentuk ayam atau sapi, tapi jika kamu datang ke daerah Minangkabau, kamu bisa mencoba gulai yang menggunakan bahan dasar olahan bebek atau disebut dengan Gulai Itiak, Untuk membuat gulai ini tidak sembarangan bebek yang digunakan, melainkan kamu harus menggunakan bebek dengan usia sekitar 6 bulan sehingga teksturnya sangat empuk dan lembut, sangat lezat ketika di santap.

7. Lompong Sagu

10 Makanan Khas Minangkabau Yang Menggoyang Lidah

coockpad.com

Hidangan yang di olah dari Sagu ini mungkin menjadi hidangan yang biasa kita temukan di semua daerah Indonesia Barat, pasti memiliki hidangan semacam ini, kalau di Minangkabau memiliki sebutan Lompong Sagu yang berbahan dasar dari sagu dengan campuran pisang gepok, gula merah dan kelapa parut.

Adonan yang sudah di buat kemudian di bungkus mengunakan daun pisang setelah itu dipanggang sampai matang, Lempong Sagu yang biasanya disantap dengan parutan kelapa.

8. Lamang Tapai

10 Makanan Khas Minangkabau Yang Menggoyang Lidah

Kopisenja.com

Makanan ini merupakan kuliner khas Minangkabau yang lezat, lebih tepatnya seperti jajanan, Lamang Tapai merupakan jajanan yang legit dengan bahan dasar ketan, Beras ketan yang dimasak menggunakan santan kelapa dan bambu muda setelah itu dibakar di atas bara api, Ciri khas hidangan ini disantap dengan tape ketan hitam.

Ketika bulan Ramadhan tiba, hidangan ini sangat mudah kita temukan, dan menjadi salah satu hidangan untuk berbuka puasa, rasanya yang manis dan sedikit asam arima tape menggugah seleramu unutk menyantap jajanan ini.

9. Kalio Baluik

10 Makanan Khas Minangkabau Yang Menggoyang Lidah

Ditanya.com

Walaupun terlihat seperti Rendang tapi hidangan satu ini bukan Rendang guys, yang ini dinamakan dengan Kalio Baluik, kenapa hidangan ini berbeda dengan rendang ? Karena dimasak setengah jadi sehingga membuatnya warnanya lebih seperti cokelat muda, tidak seperti rendang yang diolah dengan dimasak lama sehingga membuatnya warna coklat gelap.

Hidangan ini memiliki tekstur lengket dan basah serta aroma seperti karamel. Biasanya kamu dapat menemukannya di beberapa rumah makan padang di luar Sumatera Barat, karena proses masaknya yang singkat, menjadikan hidangan ini lebih praktis dan juga lebih ekonomis dibandingkan dengan rendang.

10. Nasi Kapau

10 Makanan Khas Minangkabau Yang Menggoyang Lidah

oknusantara.com

Hidangan ini bagi saya adalah juaranya, Kenapa ? karena menawarkan banyak macam hidangan, seperti restoran nasi padang, walaupun tidak seterkenal nasi rendang, nasi kapau merupakan hidangan khas Minangkabau yang tidak kalah lezatnya, kamu bisa menjumpai hidangan ini di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Nasi Kapau adalah nasi, sambal dan beberapa jenis lauk pauk khas Kapau, beberapa lauk yang biasanya disajikan dengan nasi kapau adalah gulai tunjang atau urat kaki sapi atau kaki kerbau, gulai tulang daging sapi atau daging kerbau dan juga gulai bebek.

HOTEL POPULER DAN MURAH DI PADANG