Wisata Indonesia Bengkulu – Bengkulu yang merupakan daerah yang pernah berdiri kerajaan-kerajaan yang berdasarkan etnis seperti Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Selebar, Kerajaan Pat Petulai, Kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sekiris, Kerajaan Gedung Agung, dan Kerajaan Marau Riang, dan yang sering identik dengan Rafflessia Arnoldi atau yang lebih dikenal dengan bunga bangkai.

Bengkulu selain memiliki sejarah yang kaya, Bengkulu juga memiliki 10 tempat wisata yang indah dan menawan, dengan berbagai bukti peninggalan kerajaan Inggris yang bisa di temukan saat ini,serta terdapat juga tempat pengasingan Bung Karno oleh Belanda. L ansung saja kita bahas 10 tempat wisata Bengkulu yang indah dan menawan yang wajib kamu kunjungi, simak di bawah ini ya guys.

1. Rumah Pengasingan Bung Karno

10 Tempat Wisata Bengkulu Yang Indah Dan Menawan Cocok Untuk Liburan Anda

Pinterst

Rumah yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan gading cemapaka, ini telah menjadi saksi bisu atas perjuangan Bung Karno bersama rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Dari bangunannya kamu dapat melihat jelas gaya arsitektur cina dari bentuk lubang aning dan ornamen khas Tionghoa di beberapa bagian rumah ini, yang pada sebelumnya adalah dimiliki oleh pedagang Cina yang kemudian rumah itu disewa oleh tentara Belanda sebagai tempat pengasingan Bung Karno.

2. Benteng Marlborough

10 Tempat Wisata Bengkulu Yang Indah Dan Menawan Cocok Untuk Liburan Anda

wikipedia

Dari namanya mungkin terdengar seperti merek rokok ya guys, Benteng ini sudah di dirikan sejak tahun 1713-1719, benteng yang digunakan untuk sistem pertahanan Inggris yang merupakan sebuah benteng dengan pertahanan terkuat kedua yang dimiliki Inggris di wilayah timur setelah benteng St.George di India. Benteng dengan luas 230×170 meter tersebut jika kamu lihat dari atas akan tampak seperti kura-kura.

Ada sebuah jembatan yang menyambungkan antara bagian kelapa dan badan “kura-kura raksasa ini”, selain menjadi pertahanan, tempat ini juga dulunya sebagai tempat penyimpanan dan perdagangan rempah-rempah di wilayah timur indonesia.

3. Museum Negeri Bengkulu

10 Tempat Wisata Bengkulu Yang Indah Dan Menawan Cocok Untuk Liburan Anda

situsbudaya.id

Museum Negeri Bengkulu tepat sekali bagi kamu yang menyukai tentang dunia sejarah, museum yang terletak di Jalan Pembangunan No. 8, Padang Harapan, Bengkulu, memiliki koleksi lebih dari 6000 benda-benda bersejarah yang terbagi menjadi 10 kategori.

Yang paling banyak di kunjungi oleh para Traveller adalah mesin cetak ‘uang merah’ dengan merek Golden Press. ada juga koleksi 126 buah naskah kuno anonim dan masih banyak lagi.

4. Masjid Jamik Bengkulu

10 Tempat Wisata Bengkulu Yang Indah Dan Menawan Cocok Untuk Liburan Anda

Wikipedia

Bung Karno semasa hidupnya terkurung dan diasingkan ia tidak saja berdiam diri, melainkan ia sibuk dengan buku-bukunya dan upaya memerdekakan Indonesia. Di Masjid Jamik Bengkulu kamu dapat melihat beberapa bukti jejak Bung Karno dalam upayanya menciptakan kemerdekaan untuk Indonesia.

5. Pantai Tapak Paderi

10 Tempat Wisata Bengkulu Yang Indah Dan Menawan Cocok Untuk Liburan Anda

traveltodayindonesia.com

Bengkulu juga memiliki pantai yang indah wajib kamu kunjungi. Pantai Tapak paderi tempat wisata di Bengkulu ini hanya berjarak 100 meter dari benteng Marlborough, Pantai ini dikenal karena keistimewanya oleh pemandangan metahari terbenamnya yang sangat indah.

Banyak para Traveller menikmati pemandangan tersebut sambil menyantap jajanan kuliner Bengkulu seperti jagung bakar, pisang bakar dan es kelapa muda yang bisa kamu temukan di pantai.

6. Pantai Pasir Panjang

10 Tempat Wisata Bengkulu Yang Indah Dan Menawan Cocok Untuk Liburan Anda

swiss-belhotel.com

Pantai yang memiliki garis pantai sepanjang7 km ini menjadi lokasi favorit para Traveller untuk menikmati liburannya, pantai ini juga menjadi salah satu pantai dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Garis pasang surutnya pun juga mencapai 500 meter karena tidak ada batu karang yang menghalangi ombaknya.

Di pantai ini yang paling unik adalah kamu tidak akan menemukan satu pun pohon kelapa karena semua pohon di pantai ini digantikan oleh pohon cemara dan pinus.

7. Pulau Tikus

10 Tempat Wisata Bengkulu Yang Indah Dan Menawan Cocok Untuk Liburan Anda

liputan6.com

Dari namanya bukan berarti isi pulau itu kebanyakan Tikus melainkan karena luas pulau karang ini hanya 2 hektar saja maka dari itu dinamakan dengan Pulau tikus karena kecil. Pulau ini berada sekitar 10km dari pusat kota bengkulu. Dari pantai pasir panjang kamu hanya menempuh perjalanan selama 40 menit dengan perahu motor agar bisa mencapai ke pulau Tikus

Jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan waktu penyu hijau dan penyu sisik akan bertelur pada saat malam hari. Kamu juga bisa menyelam dan snorkling menikmati terumbu karang serta dapat juga memancing sambil menikmati pemandangan laut pulau Tikus.

8. Danau Dendam Tak Sudah

10 Tempat Wisata Bengkulu Yang Indah Dan Menawan Cocok Untuk Liburan Anda

diatasdewa.blogspot.com

Namanya mungkin terdengar unik, ada yang mengatakan bahwa nama dari danau ini berasal dari legenda. Pada dahulu kala ada sepasang kekasih yang tak direstui oleh keluarga masing-masing dan memutuskan untuk menenggelamkan diri di danau ini. Setelah sepasang kekasih ini lenyap di danau, hubungan kedua keluarga masih memburuk. Hal ini yang kemudian membuat banyak orang menyebutnya Danau Dendam Tak Sudah.

Terlepas dari cerita legenda tersebut, Danau ini memiliki pemandangan yang indah, dan menjadi salah satu tempat favorit para Traveller liburan dan rekreasi ada juga penelitian, di dekat danau ini kamu bisa menemukan anggrek langka yaitu anggrek pensil.

9. Danau Mas Harun Bastari

10 Tempat Wisata Bengkulu Yang Indah Dan Menawan Cocok Untuk Liburan Anda

wacana.co

Danau ini memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk huruf C, warga sekitar sering kali mengatakan bahwa bentuk tersebut mewakili nama kota Curup. Di sekitar danau tersebut banyak kebun sayuran yang dimiliki oleh warga dan pepohonan yang rindang untuk para Traveller berteduh dari terik matahari.

Di sekitar Danau Mas Harun Bastari, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti memancing hingga mencoba wahan permainan seperti sepeda air, flying fox dan juga berkeliling danau dengan perahu.

10. Sungai Air Berau

10 Tempat Wisata Bengkulu Yang Indah Dan Menawan Cocok Untuk Liburan Anda

jalanwisata.id

Sungai air Berau yang terletak di Kabupaten Muko-Muko Bengkulu, sungai ini menjadi tempat favorit untuk arung jeram karena memiliki arus yang sangat deras, banyak juga para traveller yang datang untuk memancing dan menangkap ikan di sungai ini.

Jika kamu datang di waktu yang tepat, kamu bisa menyaksikan upacara ‘Anak Daro Mandi ke Air’ yang merupakan sebuah ritual memandikan anak bayi yang baru lahir di sungai ini. ada juga lomba dayung sampan yang bisa kalian nikmati saat hari jadi kabupaten Muko-Muko.

HOTEL MURAH DAN POPULER DI KOTA BENGKULU