13 Kuliner Khas Turki Yang Wajib Dicoba

Kalau kita berkunjung ke Luar Negeri, pasti ga cuma ingin melihat tempat wisatanya aja kan? Kuliner khasnya juga bakalan dicari-cari untuk dicicipi. Nah, Reservasiku.com bakalan memberi daftar 13 kuliner khas Turki yang wajib dicoba. Meskipun di Negara lain juga ada beberapa makanan khas Turki, tapi kalau merasakan sendiri Kuliner khas Turki di Negaranya sendiri pasti sensasinya berbeda, apalagi soal rasanya.

Kebab Turki

Source : Sportourism.id

1. Kebab Turki

Sering jajan kebab Turki? Makanan ini populer banget di dunia ya dan sebenernya sebelum populer di seluruh dunia, makanan ini asalnya sih dari Timur Tengah yang sudah diadopsi oleh Negara Asia Tengah, Asia Barat dan termasuk Turki. Kebab ini artinya makanan yang terbuat dari daging, ikan ataupun sayuran yang dipanggang.

Jenis kebab yang populer adalah doner kebab, iskender kebab dan shish kebab. Doner kebab itu jenis kebab yang paling populer yang cara penyajiannya adalah dibungkus tortila atau roti pita. Nah ini yang orang Indonesia bilang kebab Turki.

Iskender kebab ini cara penyajiannya beda dengan doner. Jadi roti pita diletakkan diatas piring lalu ditambah irisan daging panggang diatasnya setelah itu disiram dengan mentega cair dari susu kambing, yogurt dan saus tomat. Cara penyajian shis kebab juga berbeda kebab ini dagingnya dipanggang bersama sayuran yang ditusuk-tusuk. Mirip kalau bikin BBQ gitu yang kadang juga dipanggang bersama sayuran.

Lokum Turkish delight

Source : travelatelier.com

2. Lokum/Turkish delight

Jajanan ini pasti banyak anak-anak yang suka. Karena rasanya manis (namanya juga manisan ūüėÄ ) dan kadang juga ditemui ada campuran kacang pistachio, hazelnut, walnut ataupun kurma. Teksturnya sih mirip dengan kue mochi gitu dan juga banyak juga yang dicampur dengan rasa lemon, kayu manis, jeruk atau mint dan warnanya pun bermacam-macam, biasanya tertutup dengan tepung jagung dan tepung gula, tujuannya biar ga lengket. Jajanan ini terbuat dari gel pati dan sirup gula.

Dondurma

Source : Youtube.Com

3. Dondurma

Pasti deh tahu dengan jajanan khas Turki yang satu ini. Ya…! ini adalah es krim khas Turki yang mempunyai tekstur liat dan lengket. Penjualnya memakai pakaian seperti pakaian Aladin gitu dan sambil melakukan atraksi untuk menarik para pembeli, ah.. pasti tahu lah yang dimaksud atraksinya seperti apa? itu lho.. biasanya pembeli kalau udah diulurkan es krim pakai tongkat, nanti penjualnya itu muter-muterin tongkatnya dulu jadi kalau pembelinya mau nangkap es krimnya jadi meleset. Es krim ini terbuat dari susu, gula, pengental yang terbuat dari tepung akar anggrek ungu muda dan mastic yaitu bahan pengenyal dari tumbuhan.

Baklava

Source : tripadvisor.com

4. Baklava

Ini adalah pastry lapis isi kacang yang nantinya disiram dan direndam dengan madu atau sirup yang banyak untuk pemanis sampai meresap. Inipun juga salah satu jajanan yang populer dan mudah sekali ditemui ditoko-toko ataupun supermarket.

Baca : 4 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Jika Ke Turki

Börek

Source : yemektarifi.com

5. Börek

Börek juga jangan sampai kamu lewatkan ya. Karena roti pastry ini sangat lezat, bentuknya sih mirip dengan baklava. Rasanya lebih gurih dari baklava karena sebelum dipanggang diolesi dulu dengan campuran keju feta, minyak zaitun dan parsley.

Kunefe

Source : Youtube.com

6. Kunefe

Terbuat dari roti pastry yang ditumpuk dan diberi isian keju atau kacang disiram dengan sirup atau madu lali ditaburi dengan kacang pistachio giling. Dan makanan ini disajikan panas-panas gitu dipiring tembaga.

Kadaif

Source : wikimedia.org

7. Kadaif

Mirip dengan kuefe alias serupa tapi tak sama. Makanan ini juga terbuat dari roti pastry dan diisi dengan keju atau kacang, bentuknya bisa roll atau juga sandwich, disiram dengan madu atau sirup dan ditaburi dengan kacang pistachio cincang.

Dolma

8. Dolma

Makanan ini berupa sayuran isi, sayuran yang biasa dipakai untuk membuat dolma adalah paprika, terong, tomat dan zucchini. Dolma ini berisi nasi yang dicampur dengan atau tanpa daging cincang.

Baca : 5 Wisata Switzerland Terbaik Saat Winter

Simit

Source : pusulahaber.com.tr

9. Simit

Simit adalah roti yang benbentuk lingkaran seperti cincin yang diatasnya penuh dengan biji wijen. Makanan ini banyak sekali dijual di pedagang kaki lima atau dijual keliling dengan disunggi (ditumpuk tinggi diatas kepala). Tekstur simit ini renyah seperti bagel, orang-orang Turki biasanya menikmati simit bersama dengan teh Turki.

Boza

Source : Youtube.Com

10. Boza

Kalau yang satu ini adalah minuman yang terbuat dari fermentasi gandum dengan campuran air dan gula. Minuman ini rasanya manis agak ada asem-asemnya gitu dan memiliki kadari alkohol kurang lebih 1%. Cara penyajiannya ditaburi dengan bubuk kayu manis dan kacang chickpea sangrai sebagai pendamping.

Pide

Source : kookmutsjes.com

11. Pide

Pide ini adalah jenis pizza tapi dari Turki.. hehehe. Makanan ini terbuat dari roti pita dan diberi topping daging sapi atau daging kambing, tuna, tomat, paprika, bawang bombay dan kadang juga keju dan telur. Uniknya nih bentuk pide ini seperti perahu yang dilihat dari atas.

Lahmacun

Source : onegreenplanet.org

12. Lahmacun

Makanan ini juga mirip dengan pizza, tapi kalau ini bentuknya mirip dengan pizza Italia. Toppingnya bisa berisi daging cincang, tomat, bawang bombay, paprika, peterseli lalu dipanggang. Agar rasanya lebih nikmat, sebelum kamu menyantapnya lebih baik kamu tambahkan topping lagi seperti sayuran, acar, tomat, paprika, bawang bombay, selada dan terong bakar. Setelah itu siram dengan air lemon, ayran (yogurt) atau salgam.

Kofte

Source : thehappyfoodie.co.uk

13. Kofte

Kofte adalah makanan khas Turki yang terbuar dari daging giling yang dicampur dengan bumbu-bumbu, tepung, telur dan sayuran lalu dibentuk bulat atau lonjong kemudian dibakar, digoreng atau dikukus. Biasanya kofte ini dimakan dengan nasi atau bisa juga sebagai isian sandwich (Turki) bersama salad dan saus.

HOTEL POPULER DI TURKI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.