4 Tempat Wisata Sejarah di Ibukota Jakarta

Banyak variasi dalam berwisata dan jalan-jalan di ibukota Jakarta. Baik itu berupa kawasan wisata buatan seperti taman impian jaya Ancol maupun theme park seperti Taman Mini Indonesia Indah, tempat wisata jakarta juga masih menyimpan ragam lainnya. Sebut saja wisata budaya yang dapat anda temui di kawasan Setu Babakan dimana kawasan ini merupakan cagar budaya asli betawi yang di kelola oleh pemprov DKI jakarta, mulai dari tari topeng, dodol betawi, ondel – ondel, dan lain sebagainya.

Jangan lupakan juga untuk wisata kuliner yang termashyur di jakarta yaitu asinan asli betawi dan soto betawi yang sudah melegenda. Jakarta sebagai ibukota negara pun memiliki untaian dan rangkai sejarah yang panjang, karena perjalanan kota yang dahulu bernama Batavia pada jaman Belanda menyimpan banyak potret benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan ibukota negara Republik Indonesia.

Museum Bank Indonesia

Source : Jakarta100bars.Com

  • Museum Bank Indonesia

Museum ini terletak di kawasan kota tua di utara jakarta. Kawasan kota tua jakarta dahulu adalah kawasan pusat perniagaan pada era kolonial belanda yang berada dekat pelabuhan sunda kelapa, pelabuhan strategis pada masa jayanya. Museum bank indonesia sejarahnya merupakan bekas gedung Dejavachse Bank warisan kolonial belanda, yang kini difungsikan sebagai museum.

Museum ini menyimpan banyak mata uang kuno dan perangkat perbankkan pada jaman kolonial belanda, menariknya museum ini dapat dikunjungi pada malam hari. Sensasi berbeda pasti akan sangat terasa ketika menjelajahi lorong  lorong pada bangunan tua ini pada malam hari. Jika anda cukup bernyali dan pemberani, museum ini wajib masuk dalam daftar jelajah anda.

Museum Taman Prasasti

Source : Kompas.Com

  • Museum Taman Prasasti

Museum ini berada di kawasan tanah abang jakarta pusat. Sejarahnya tempat ini dahulu kala adalah kompleks pemakaman golongan elit pada masa kolonial belanda. Anda akan menjumpai nisan istri Raffles penemu singapura dan pencetus kebun raya bogor serta penemu bunga bangkai Rafflesia Arnoldi yakni Olivia Raflles, yang di makamkan di kompleks area ini.

Anda juga akan menemukan koleksi yang tak lazim dari museum pada umumya, yakni perlengkapan jenazah dan barang kuno lainnya yang membuat anda bergidik, disana akan anda temui Peti Jenaza yang dipergunakan terakhirnya oleh proklamtor kemerdekaan RI Bung Karno dan Bung Hatta ketika menuju tempat peristirahatannya yang terakhir. Dan juga terdapat prasasti batu nisan tokoh nasional SOE HOK GIE yang merupakan aktivis mahasiswa pada jaman orde lama.

BACA : 8 Hal Wajib Dikunjungi Ketika Menjelajah Surabaya

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Source : keninglebar.com

  •  Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum yang berada di dekat taman suropati yang berada di tengah kota jakarta. Dekat dengan kantor Bappenas, dimana museum ini menyimpan banyak diorama sejarah kemerdekaan, dimana di ceritakan dalam sejarahnya ketika dwi tunggal proklamator indonesia merumuskan naskah kemerdekaan indonesia, dan di ketik ulang oleh sayuti melik tersaji dengan lengkap runtutan sejarahnya pada museum ini.

Hal menarik lainnya yang dapat di temui adalah ruang bawah tanah atau bungker perlindungan, dimana pada masa lalu gedung ini merupakan kantor pemerintahan kolonial yang pastinya memiliki berbagai macam jalan keluar dan perlindungan ketika terjadi serangan.

Museum Katedral

Source : 60museumjakarta.blogspot.com

  • Museum Katedral

Lokasi museum ini berada di kawasan gereja katedral di jakarta pusat, berdampingan dengan Kantor Pusat Pos Indonesia dan berhadapan langsung dengan Masjid Raya Istiqlal. Museum yang tersembunyi dari hingar bingarnya kota jakarta ini berada pada lantai 2, sehingga dari lantai tersebut dapat menyaksikan altar gereja secara langsung, menariknya lantai 2 ini tetap dibuka kepada pengunjung meskipun itu adalah hari kebaktian ibadah umat kristani. Di museum ini terdapat koleksi jubah yang di gunakan PAUS PAULUS II yang merupakan pemimpin umat kristani ketika berkunjung ke indonesia.

Sangat menarik bukan berkunjung ke tempat wisata sejarah, selain dapat melepas penat dengan kegiatan yang padat, anda juga dapat belajar sejarah secara langsung dari tampilan diorama, koleksi benda – benda yang dipajang, sehingga pengetahuan anda mengenai sejarah dapat anda temui secara langsung selain yang biasa didapatkan dalam buku pelajaran sejarah.

Ibukota Jakarta masih banyak menyimpan potensi wisata yang dapat dieksplorasi secara lebih, persiapkan waktu anda.

HOTEL POPULER DI JAKARTA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.