Wisata Bangladesh – Bangladesh merupakan salah satu negara Asia Selatan yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata di hari liburanmu. Bangladesh yang memiliki peadaban kuno antara agama Budhha dan Islam ini meninggalkan beberapa situs yang bersejarah unik dan wajib kamu kunjungi. Destinasi wisata di negara ini terlihat kurang lebih sama dengan negara India, Srilanka dan Pakistan. Selain tempat wisata yang dikerumuni oleh banyak Traveller ataupun penduduk lokal, udaranya juga sangat panas.

Bangladesh juga memiliki beberapa tempat yang sangat di rekomendasikan untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburanmu. dari taman rekreasi yang unik, kuil, candi, hingga situs budaya dan sejarah lainnya. Yuk di simak berikut ini 7 destinasi wisata populer di Bangladesh yang tidak boleh terlewatkan.

1. Shopnopuri Artificial Amusement Park

7 Destinasi Wisata Populer Di Bangladesh Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Strol.com

Taman bermain yang unik dan seru ini bisa kamu kunjungi saat liburan ke Bangladesh, yaitu Shopnopuri Artificial Amusement Park. Ketika kamu sampai ke taman bermain ini, kamu akan disambut dengan dua patung besar bidadari berwarna putih yang menjadi ikonik untuk taman bermain ini.

Taman bermain ini memiliki daya tarik yang sebagian besar karena terdapat berbagai patungnya. Berbeda dengan Luna Park Disney atau juga Disneyland miliki Walt Disney yang lebih mengutamakan hiburan di wahananya.

Jam Buka
Setiap Hari: 09.00-18.00
HTM
Tiket Masuk: 20 TK (sekitar Rp 3.000)
Tiket Masuk Taman: 5 TK (sekitar Rp 800)

2. Jatiya Sangsad Bhaban

7 Destinasi Wisata Populer Di Bangladesh Yang Tidak Boleh Terlewatkan

reddit.com

Bangunan ini layaknya seperti gedung putih yang ada di Amerika Serikat sana. Jatiya Sangsad Bhaban merupakan gedung parlemen yang sangat megah di daerah Dhaka, Ibu kota dari Bangladesh. Bangunana yang memiliki arsitektur megah dan didominasi oleh garis-garis asimetri ini akan membuat kamu terkagum-kagum.

Bangunan ini lebih memberikan kesan yang futuristik yang biasanya kamu lihat di film-film fiksi ilmiah. Bangunan ini dibangun menggunakan batu bata abu, yang memberikan penampilan tambah kokoh dan agung. Disekeliling gedung ini di penuhi dengan taman dan kolam air yang menambahkan keindahan Jatiya Sangsad Bhaban. Kamu bisa berburu foto yang menakjubkan di sini.

Jam Buka
Minggu – Kamis: 09.00-17.00
Jumat dan Sabtu Tutup

3. Bangladesh National Museum

7 Destinasi Wisata Populer Di Bangladesh Yang Tidak Boleh Terlewatkan

ntvbd.com

Berkunjung ke negeri Bangladesh janganlah hanya untuk bersenang-senang saja, coba kamu ketahui tentang sejarah negara ini. kamu bisa mengunjungi Bangladesh National Museum.

Museum yang diresmikan pada tanggal 17 November 1983 ini, merupakan salah satu museum terbesar di Asia Selatan, isi museum ini dikhususkan untuk pameran seni arkeolog, klasik, dekoratif, dan kontemporer.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang sejarah sosial, sejarah alam, etnografi, dan peradaban dunia.

Jam Buka
Sabtu – Rabu: 10.00-17.00
Jumat: 15.00-20.00
Kamis tutup
* Jam buka bisa berubah sesuai musim

HTM
Turis: 100 TK (sekitar Rp 17.000)

4. Fantasy Kingdom

7 Destinasi Wisata Populer Di Bangladesh Yang Tidak Boleh Terlewatkan

fantasy-kingdom.net.bd

Jika kamu merasa sedikit rekreasi bersama si kecil atau buah hatimu, cobalah mengunjungi taman hiburan Fantasy Kingdom. Fantasy Kingdom merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga yang paling komplit di Banglades. Banyak area wahana yang bisa kalian naiki. ada wahana air, area replika bangunan bersejarah, wahana ekstrem hinga wahana anak-anak yang aman.

Jika kamu rasa agak kecapean kamu juga bisa menginap di Atlantis Resort. yang merupakan satu bagian juga dengan Fantasy Kingdom.

Jam Buka
Sabtu – Kamis: 11.00-20.00
Jumat: 10.00-20.00

HTM
Tiket Regular
Dewasa: 380 TK (sekitar Rp 64.000)
Anak: 250 TK (sekitar Rp 42.000)

Tiket Terusan
Dewasa: 700 TK (sekitar Rp 120.000)
Anak: 450 TK (sekitar Rp 76.000)

5. Dhakeshwari Temple

7 Destinasi Wisata Populer Di Bangladesh Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Wikipedia

Dhakeshwari Temple merupakan sebuah candi peninggalan dari hindu kuno, yang berada di Dhaka. Situs ini salah satu candi nasional yang dirawat oleh pemerintahan Bangladesh. Dhakeshwari Temple memiliki arti Kuil Dewi Dhaka. Bangunan yang telah berdiri sejak abad ke-12 oleh Ballal Sen, seorang raja di masa dinasti Sena.

Bangunan luar candi kebanyakan didominasi dengan warna krem dan merah mencolok unutk mengundang Traveller. Bangunan ini sebenarnya sebuah bangunan tua yang masih tampak baru dengan arsitektur khas dinasti Sena. Dan uniknya candi ini masih dipakai untuk beribadah bagi orang hindu di daerah Bangladesh. Di dalam candi terdapat patung-patung dewa hindi dan altar yang terus diperbarui untuk peribadahan.

6. Somapura Mahavihara

7 Destinasi Wisata Populer Di Bangladesh Yang Tidak Boleh Terlewatkan

dhakatribune.com

Somapura Mahavihara merupakan situs bersejarah Buddha kuno yang menjadi tempat wisata Bangladesh paling populer, Somapura Mahavihara kuil buddha yang menjadi sejarah penyebaran agama Buddha di negara Bangladesh.

Bangunan kuil yang berbentuk unik ini terbentuk seperti layaknya gunung yang memberikan gambaran agung ketika kuil ini masih berdiri dimasanya.

Sayangnya di beberapa bagian kuil ini telah dirusak dan tertutupi oleh tanaman liar. Akan tetapi bentuk yang masih asli masih dapat kamu lihat. Pemerintahan Bangladesh juga tidak mau diam, mereka tetap melakukan perawatan ekstra untuk situs berharga ini, bukan untuk Bangladesh saja, tetapi kuil ini untuk kita semua sebagai potongan sejarah dari agama Buddha kuno.

Jam Buka
Setiap Hari: 08.00-18.00

7. Lalbagh Fort

7 Destinasi Wisata Populer Di Bangladesh Yang Tidak Boleh Terlewatkan

steemit.com

Lalbagh Fort atau Benteng Lalbagh memiliki sebutan lain yaitu Benteng Aurangabad yang merupakan bangunan yang berdiri dengan gagah di kompleks kerajaan Mughal di depan sungai Buriganga, Dhaka, Bangladesh.

Benteng ini telah di bangun di awal tahun 1678 masehi oleh Subahdar Muhammad Azam Shah, sekilas memang benteng ini memiliki tampilan mirip dengan Taj Mahalm akan tetapi benteng ini leibh kecil dengan kolam pada bagian depannya.

Dikelilingin oleh taman hijau yang luas serta masjid yang masih bisa di gunakan, pusaran Pari-Bibi, dan Istana The Diwan-i-aam, di benteng ini terdapat lorong rahasia yang sayangnya sudah ditutup secara permanen.

Jam Buka
Selalu mengalami perubahan berdasarkan musim

HTM
Turis: 200 TK (sekitar Rp 34.000)

HOTEL MURAH DAN POPULER DI BANGLADESH