Alexa Metrix

8 Hal Wajib Dikunjungi Ketika Menjelajah Surabaya

Surabaya yang terkenal dengan arek suroboyonya merupakan ibukota provinsi jawa timur. Sebagai kota terbesar kedua setelah jakarta dan menjadi kota metropolitan di wilayah jawa timur memiliki banyak tempat yang menjadi tujuan destinasi wisata. Wisata kuliner yang khas memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung wisatawan.

Kota ini mempunyai luas sekitar 350,54 km2, berada  diantara pantai utara pulau jawa bagian timur dan berhadapan dengan selat madura serta laut jawa. Terdapat 2 bandar udara antara lain  Bandara Internasional Juanda Terminal 1 dan Terminal 2 serta memiliki dua pelabuhan utama yaitu, Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Ujung.

Penduduk Surabaya sendiri dihuni oleh empat etnik suku bangsa yang pertama didominasi oleh orang jawa kemudian orang madura setelah itu oleh keturunan tionghoa dan arab. Walau tidak menutup kemungkinan dihuni oleh dari berbagai suku manapun tetapi dengan prosentase yang kecil.

Nah, Bagi kamu yang mempunyai rencana untuk menjelajah surabaya mungkin 8 hal berikut wajib dikunjungi ketika berwisata ke surabaya.

House of Sampoerna

Source : kelilingnusantara.com

1. House of Sampoerna

House of Sampoerna atau Museum Sampoerna merupakan destinasi wisata yang bisa menjadi sangat edukatif karena menjelaskan tentang sejarah dari Sampoerna mulai dari silsilah keluarga, hingga tentang rokok dan semua yang berhubungan dengan rokok. Mulai dari proses produksi awal hingga akhir. Tempat ini juga sangat bagun untuk melakukan swafoto karena banyak spot yang menarik didalamnya.

Taman Bungkul

Source : Justgola.Com

2. Taman Bungkul

Taman yang menjadi ikon kota surabaya dan menghantarkan Ibu Tri Rismaharani mendapatkan penghargaan internasional sebagai taman terbaik di dunia oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Taman yang sangat lengkap dengan banyak fasilitas pendukung membuat warga surabaya senang berkunjung mulai dari adanya arena bermain bagi anak-anak, terdapat wi-fi gratis, tempat pkl yang tertata rapi sehingga tidak perlu khawatir jika lapar melanda dan bisa berziarah ke makam Sunan Bungkul sebagai salah satu ulama besar penyebar agama islam di jawa.

Baca : 4 Cafe Unik Dengan Menu Imut Di Surabaya

Tugu Pahlawan

Source : jelajahsurabaya.blogspot.co.id

3. Tugu Pahlawan

Terletak di alun-alun contong, bubutan anda dapat melihat monumen setinggi 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Monumen yang dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 november 1945 ini masih tampak gagah dan sangat terawat. Banyak nilai sejarah yang terkandung didalamnya.

Nasi Goreng Jancuk

Source : Kabarwisata.Com

4. Nasi Goreng Jancuk

Jancuk sendiri merupakan kata umpatan khas orang surabaya, mungkin kita akan marah apabila kata tersebut dilontarkan ke kita tetapi bagi yang sudah sangat terbiasa hal tersebut lumrah saja. Nasi goreng jancuk sama seperti nasi goreng pada umumnya yang membuatnya disebut jancuk karena jumlah cabai yang digunakan sangat banyak. Makin kesini trend
makanan pedas mulai diberlakukan standar menurut level atau tingkat kepedasannya dan jika kamu ingin berapa banyak cabai yang digunakan untuk nasi goreng ini silahkan datang dan mencicipinya kemudian kamu bisa tau level berapa tingkat kepedasannya.

 

Es Krim Zangrandi

Source : imansoe.wordpress.com

5. Es Krim Zangrandi

Es krim zangrandi terkenal sangat spesial karena rasanya yang tidak pernah berubah. Menggunakan resep es krim yang sama ketika pertama kali dibuka pada tahun 1930 oleh Roberto Zangrandi yaitu seorang pria berkebangsaan Italia, es krim ini tetap mempertahankan cita rasanya yang khas hingga saat ini. Begitu pun denga ornamen-ornamen tempo dulu yang
tetap melekat di dalam restorannya.

Baca : 10 Kuliner Khas Bali Mantab dan Aromatik

Rawon Setan

Source : garnesia.com

6. Rawon Setan

Rawon setan sudah banyak dijumpai dimana-mana bahkan diluar surabaya, tetapi rasa asli rawon setan yang pertama kali buka ini tak akan tergantikan. Terletak di Jalan Embong Malang, rawon setan Mbak Endang adalah pencetus ide gila untuk nama tersebut. Dinamakan setan karena pada awalnya hanya berjualan dari pukul 10 malam hingga dini hari yang diidentikkan dengan jam keluarnya setan. Namun sekarang, rawon setan sudah buka dari pagi hari demi memenuhi perut yang lapar sebelum beraktivitas.

Lontong Balap

Source : fadlyrahman.wordpress.com

7. Lontong Balap

Makanan khas surabaya yang terdiri dari Lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal serta dipadu dengan kuah segar. Mirip dengan makanan khas yang berasal dari kota bogor yaitu toge goreng hanya saja lontong balap dicampur oleh petis yang membuat rasanya berbeda. Ditambah dengan sate kerang dan minum es degan sebagai pelengkap membuat semuanya terasa nikmat.

Sate Klopo Ondomohen

Source : goodindonesianfood.com

8. Sate Klopo Ondomohen

Sate yang terdiri dari daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu pada umumnya. Yang membedakan adalah klopo alias kelapa yang disangrai dan dicampurkan dengan bumbu membuat rasa satenya menjadi gurih. Warung makan yang terletak di pinggir jalan walikota mustajab ini buka dari pagi hingga tengah malam.

HOTEL POPULER DI SURABAYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.