Wisata Indonesia – Jika anda mendengar kata Banyuwangi, apa yang ada dalam benak anda? Banyaknya legenda hingga cerita rakyat yang melatarbelakangi asal mula nama kabupaten tersebut. Sebagai kabupaten yang terletak paling timur di pulau jawa ini pun ternyata menyimpan banyak potensi yang luar biasa. Seperti apa? Mari kita simak. Banyuwangi yang luasnya lebih besar daripada Pulau Bali yaitu sekitar 5.782,50 km2 sebagian besar berupa daerah kawasan hutan. Letak geografis wilayah daratannya terdiri atas dataran tinggi berupa pegunungan dimana menjadi daerah penghasil produk perkebunan dan dataran rendahnya yang berpotensi menghasilkan produk pertanian.

Selain itu, daerah sekitar garis pantai yang membujur dari utara ke selatan merupakan daerah penghasil berbagai biota laut. Untuk batas wilayahnya sendiri di bagian utara berbatasan dengan kabupaten situbondo, sebelah timur berbatasan dengan selat bali, sebelah selatan berbatasan dengan samudera indonesia dan sebelah barat berbatasan dengan kabupaten jember dan bondowoso. Nah, bagi yang ingin liburan ke kabupaten ini, mungkin 4 Destinasi Wisata Bayuwangi berikut ini bisa menjadi referensi.

KAWAH GUNUNG IJEN

Source : Wikipedia.org

  1. KAWAH GUNUNG IJEN

Gunung Ijen telah ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO pada maret 2016 dan hal itulah yang membuat pemerintahan setempat semakin gencar untuk mempromosikan kawah ijen sebagai destinasi wisata andalan banyuwangi. Pesona keindahan kawah ijen sangat memanjakan mata karena danaunya yang berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerangnya yg tebal.

Ada atraksi yang menarik ketika mengunjungi ijen dan sudah sangat terkenal akan eksotis pemandangannya, yaitu Blue Fire atau Api Biru yang dapat dilihat ketika cuaca cerah dan tidak mendung, dimana muncul dari penambangan sulphur dan hanya bisa dilihat diantara dini hari hingga menjelang subuh. Blue fire ini hanya ada dua didunia yaitu di Ijen dan di Islandia sehingga berbanggalah kita karena diberi kekayaan alam yang luar biasa.

PANTAI BOOM

Source : Youtube.com

  1. PANTAI BOOM

Ada yang berbeda dengan Pantai Boom dibandingkan dengan pantai lainnya yaitu pasirnya yang hitam. Pasir hitam ini diyakini memiliki kandungan mineral yang bisa menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan tulang dan kulit. Saat ini pemerintah setempat sedang berproses untuk menyediakan fasilitas sebanyak mungkin di Pasir Boom agar kedepannya bisa menjadi tempat destinasi wisata terpadu mulai dari pembangunan dermaga, hotel hingga tempat hiburan lainnya.

Baca : 8 Destinasi Wisata Alam Di Kabupaten Magelang

BANGSRING UNDERWATER

Source : rri.co.id

  1. BANGSRING UNDERWATER

Destinasi wisata ini berada di dusun krajan, desa bangsring kecamatan wongsorejo, memiliki  gugusan terumbu karang laut  yang tidak kalah cantik dengan gugusan terumbu di wakatobi dan raja ampat. Berjarak sekitar 20 km ke arah Pelabuhan Ketapang dari pusat kota banyuwangi. Oleh pemerintahan setempat, bangsring underwater ini lebih diarahkan untuk menjadi wilayah konservasi alam sehingga pengelola tempat tersebut sering mengadakan pelatihan terkait penyelamatan perairan dan terumbu karang.

WATU DODOL

Source : paketwisata.id

  1. WATU DODOL

Destinasi Wisata Di Banyuwangi  ini terletak di kawasan pelabuhan ketapang  yaitu jalan banyuwangi-situbondo. Disini para wisatawan dapat melihat pulau bali selain itu juga dapat melihat banyaknya kapal yang menyebrang di selat bali. Watu dodol sendiri merupakan wisata pantai yang didalamnya terdapat batu setinggi 10 meter dengan panorama indah kemudian terdapat pula patung gandrung sebagai penanda bahwa anda telah berada di tempat wisata.

HOTEL POPULER DI BAYUWANGI