4 Kuliner Khas Papua Yang Bikin Penasaran

Wisata Indonesia – Papua ini adalah pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya. Kalau kalian pernah berkunjung ke Raja Ampat, itulah salah satu wisata Papua yang indah banget. Nah, kalau ngobrolin soal makanan yang ada di sana sih pasti bikin penasaran banget untuk coba, apalagi yang namanya Bakar Batu ( untuk penduduk gunungnya ) jadi cara masaknya itu dibakar didalam tanah bersama tumpukan batu yang udah panas banget gitu. Makanan yang dimasak seperti itu berisi ubi, ayam, babi dan sayuran.

Biasanya sih untuk upacara adat gitu seperti perkawinan, kelahiran anak dan penobatan kepala suku atau juga disajikan saat mengumpulkan prajurit untuk berperang. Jadi, mungkin susah deh kalau ditemuin di rumah makan karena makanan tersebut ga dijual, tapi kamu bisa kok mencicipinya meski ga diundang, kalau ada acara adat seperti itu kamu datang aja langsung ke tempatnya.

Baca : 4 Destinasi Wisata di Papua Yang Wajib Dikunjungi

Paling tepat sih kamu datang waktu bulan September gitu, biasanya bulan itu ada acara di sana yang menyajikan makanan ini, tapi makanan ini halal dan non halal ya. Bikin penasaran banget ga sih? kalau aku sih penasaran banget. Nah, kalau kamu juga penasaran makanan khas di sana lainnya. Ada juga nih 4 makanan khas Papua yang bikin penasaran juga.

4 Kuliner Khas Papua Yang Bikin Penasaran

Source : Panganpedia.Com

1. Papeda

Kalau Bakar Batu adalah makanan orang gunung nya, nah kalau papeda ini adalah makanan orang pantainya. Papeda ini menggunakan bahan utamnya yaitu sagu yang dimasak jadinya seperti lem gitu, trus dimakan dengan ikan tongkol kuah kuning asem pedas, sambal colo-colo serta kangkung dan bunga pepaya yang ditumis pedas, sebutannya ganemo.

Udang Selingkuh

Source : KSMTour

2. Udang Selingkuh

Lah, ini udah selingkuh dengan siapa ya? Disebut udang selingkuh ini soalnya bentuknya unik, jadi tuh badannya bentuk udang tapi capitnya mirip banget dengan capit kepiting. Ternyata selingkuh dengan kepiting

Udang yang selingkuh ini populer banget di daerah Wamena, Papua Barat. Untuk pengolahannya sih biasanya bisa digoreng, direbus atau juga bisa dibakar, sesuai keinginan kamu aja pengen yang mana. Nah, kalau kamu sedang berkunjung ke Wamena jangan lupa cobain udang ini ya.

Baca : 5 Destinasi Wisata Kuliner Cokelat di Brisbane

Ikan Bakar Manokwari

Source : Wisataku.id

3. Ikan Bakar Manokwari

Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan tongkol. Selain rasa ikannya yang lezat, kamu juga harus coba makan pakai sambelnya. Rasanya yang pedes itulah yang bikin kamu semangat makan. Dijamin kamu ga pernah deh ngerasain sambelnya ini.

Sate Ulat Sagu

Source : Infobudaya.Net

4. Sate Ulat Sagu

Ulat sagu ini bikin penasaran campur geli kalau pengen memakannya, tapi rasanya enak lho. Sate ulat sagu ini adalah salah satu makanan khas Papua. Ulat sagu ini biasa didapat dari pohon sagu yang sudah tua dan lapuk. Kalau orang Papua sih ga usah diolah, jadi mereka tinggal makan mentah-mentah gitu. Tapi sekarang, kamu bisa menikmatinya dengan cara dibakar, kalau kamu berani coba makanan ini. Kamu datang aja ke Raja Ampat untuk bisa menikmatinya

HOTEL POPULER DI JAYAPURA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.